BSD Mobile Game - Bungo Mayoi

Bungo Stray Dogs : Mayoi Inu Kaikitan (Bungo Mayoi) akhirnya telah dirilis oleh Ambition tanggal 14 Desember. Seperti yang sudah Ambition teaserkan, gameplaynya berupa puzzle type, hanya saja berbeda dari game lainnya Ambition; Love Heaven.

Di sini, saya akan menjabarkan gameplay-nya, fitur-fitur dan juga pengalaman saya selama 2 hari main game ini.

Untuk kenyamanan, saya akan membuat page terpisah sebagai master post untuk ini. Di post ini, hanya akan dijelaskan GAMEPLAY - BATTLE SYSTEM.

[BATTLE SYSTEM]


Untuk ke menu battles, kalian tinggal menekan tombol kepala harimau di home screen. Pilih event/ battle.

Kemudian pilih stage, team dan mainkan stage itu.



Seperti game sebelah, Bungo Mayoi juga bersifat puzzle. Namun, jika di Love Heaven kalian memasangkan dua gems berwarna sama, kalau di Bungo Mayoi, sifatnya pinball.


Inget kan game Pinball yang biasa kalian mainkan di komputer kalau internet lagi mati? kwkwkwk. Ya, itu sistemnya Bungo Mayoi.

Jadi, kalian cukup menarik bola perak ke arah yang kalian inginkan, tarik sejauh mungkin biar makin kuat bolanya, lalu lepas setelah dirasa bindikan sudah tepat.

Bola akan terpelanting ke berbagai arah, menghancurkan bola-bola berwarna lainnya. Semakin banyak bola yang kalian hancurkan, semakin gede pula damage karakter kalian (sesuai warna bola). Semisal, kalian menghancurkan 10 bola merah, semua poin itu akan lari hanya ke karakter yang warna merah (lingkarannya).

Kalian tak jarang juga menemukan bola yang ukurannya jauh lebih gede dari bola kalian. Bola sedang butuh 2 hit, sementara bola besar butuh 3 kali hit.

Ada pula bola gambar tengkorak yang harus kalian basmi, karena jika tersisa, itu akan menjadi power-up lawan sampai mereka mati.

Selain itu, jika kalian teliti lagi, akan ada bola yang ada cahaya PELANGI. Jika bola itu hancur, maka akan menambah gauge special (di paling kanan barisan karakter, yang gambarnya kotak).



Ketika full, kalian bisa mengaktifkan gauge special itu dan bola kalian akan terus memantul sampai semua bola di arena habis (atau setidaknya, lamanya bola bergerak akan bertambah).

Dan perlu dicatat bahwa ketika kalian menghajar habis SEMUA BOLA di screen, karakter kalian akan mendapat power-up lebih banyak. Jadi, pastikan aim dan kekuatan bola kalian bisa untuk menghabisi semua bola warna di screen.

Terkadang, team attack akan aktif sendiri (entah ada syaratnya atau tidak). Hit-nya untuk dua musuh saja, namun cukup besar tergantung beda level karakter dengan lawan.


Di pinggiran screen, kadang akan ada semacam garis pink. Jika kena hit, maka HEALTH kalian akan HEALED. Semakin banyak kepukul, maka health kalian akan keheal banyak.









Enemy memiliki turn menyerang, seperti di Love Heaven. Ada countdown-nya. Jika countdown habis, maka musuh akan menyerang.

Ada beberapa karakter yang memiliki skill untuk mengundur countdown lawan, jadi misal dia mengaktifkan skill itu, maka countdown lawan dari 1 bertambah jadi 2. Lumayan buat ada waktu tambahan membunuh lawan.








Ketika diamond karakter berwarna biru, berarti skill ready dan kalian tinggal menekan icon karakter untuk mengaktifkan skill.

Seperti di Love Heaven, skill pun ada turnnya. Biasanya 11 turn. Jadi kalian harus menunggu sebanyak 11 turn untuk menggunakan kembali skill itu.

Sejauh ini, yang saya tahu skill ada yang:
> Offensive type - Menyerang lawan
> Support type - biasanya buff seperti atk down ke lawan, defense up ke ally dsb.

Dan ada subskill yang akan aktif sesuai dengan ketentuannya.

Setelah kalian selesai stage, akan ada reward screen.


Dari atas ke bawah:

> Selesaikan battle dalam 25 turn (jumlah uang tergantung stage)
> Selesaikan battle dalam 20 turn (2 gems)
> Selesaikan battle tanpa mati (3 gems)

Rewards ini hanya untuk first completion saja. Jadi cuma 1x dapat.











Perlu diingat jika kalian meletakkan dua karakter yang ada relasinya di satu team, maka akan ada bonus tambahan (misal total HP up dsb). Misal, pairing Atsushi dan Akutagawa dalam satu team akan memberikan bonus tambahan.


Bola perak kalian bisa diupgrade sehari sekali sampai jadi warna pelangi.

Steps: Home menu - di pojok kanan atas ada gambar bola, pencet - lalu tekan diamond ungu yang kiri.

Kalau yang kanan itu pakai gems/cash.

Comments

  1. Waah makasih banyak guide-nya.. sangat membantu. :> Btw, kalau bola peraknya di upgrade apakah bakal ada pengaruhnya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1