Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

Karena sekarang memiliki sedikit waktu luang, saya memutuskan untuk menulis artikel semacam ini akhirnya. Akhirnya, setelah dua tahun Bungo Stray Dogs pertama kali airing (dan 6 tahun manga-nya dipublikasikan), saya memutuskan untuk memiliki 10 Kemampuan ini yang dipilih dan diurutkan berdasar fungsionalnya.

Mengingat keberagaman kemampuan khusus di cerita ini, sangatlah sulit bagi saya (dan mungkin, kita semua) untuk menentukan mana kemampuan yang terbaik. Sebenarnya, semua kemampuan di Bungo Stray Dogs keren.

Ada yang bisa menciptakan barang dari tulisan (Kunikida), nulifikasi kemampuan (Dazai), berubah jadi harimau putih (Atsushi) dan masih banyak lagi.

Dalam verse sendiri, kemampuan ini dibagi menjadi tiga kelas berdasarkan tingkat destruktifnya (sejauh yang telah diungkapkan dalam cerita Gaiden).

Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita langsung ke inti dari artikel ini!

P.S.: Artikel ini dibuat berdasar pandangan subjektif. Artikel ini hanya menjadi penghibur semata.
P.S.2.: Artikel ini penuh spoiler manga pasca The Guild.




Fungsional - Sesuatu hal yang dirancang untuk mampu melakukan satu atau lebih kegiatan yang practical, lebih mengutamakan fungsi dan kebergunaan ketimbang hal-hal yang berbau dekoratif atraktif (tidak ada fitu yang tidak perlu). Source


10. Si Gadis Kecil (The Little Woman) - Louisa May Alcott

Di peringkat ke-10 adalah Louisa May Alcott, yang lebih akrab disapa Alcott oleh karakter BSD dan fandom.

Alcott adalah sang 'penasihat perang' The Guild, dalam serial ini, ia-lah yang merancang sekian banyak siasat yang bisa dipakai oleh Fitzgerald dalam misinya untuk menangkap Atsushi juga mencari The Book.

Apa yang menjadikan Alcott sebagai pemegang peringkat 10 dalam list ini adalah; The Little Woman adalah sebuah kemampuan khusus dimana ia dapat membuat waktu berjalan 8000x lebih lambat, tetapi, kemampuan ini hanya akan aktif bila ia sendirian.

Image result for bungou stray dogs louisa may alcott
Karena itu, jangan mengageti Alcott ya~

Kemampuan ini memang tidak memiliki unsur defensif, destruktif maupun healing seperti banyak kemampuan BSD lainnya yang bisa dikategorikan lethal, tetapi, jangan pernah remehkan kemampuan Alcott.

Alcott dapat membuat satu buku rencana (entah berapa ratus cabang rencana di dalam satu buku tersebut), dan buku rencana tersebut telah berkali-kali membawa Fitzgerald dan The Guild ke pintu kemenangan (seperti menangkap Q / Yumeno, menggunakan Port Mafia untuk melacak dan menangkap Atsushi, memancing Atsushi yang sempat kabur kembali ke dalam Moby Dick dengan menghancurkan Yokohama, 'menghidupkan' kembali keuangan The Guild dan kekuatan Fitzgerald).

Kemampuan inilah yang hampir menghancurkan Yokohama, di balik setiap pedang tajam, selalu ada ahli pedang yang pintar dan cerdik.

Pantaslah kemampuan ini menerima peringkat ke-10 dalam list ini!



9. Tidak Terkalahkan oleh Hujan (Undefeated by Rain) - Miyazawa Kenji

Image result for bungou stray dogs undefeated by rain bungou mayoiDi peringkat ke-9 adalah Miyazawa Kenji dengan kemampuannya, "Undefeated by Rain".

Kenapa kemampuan ini pantas di peringkat ke-9 secara fungsional?

Ingat, fungsional berarti ia lebih berguna di lapangan. Mengangkat mobil, satu segmen rel kereta, manusia; apapun itu, serahkan pada Kenji saja! Selama, ia tidak diberi makan dulu!

Undefeated by Rain adalah sebuah kemampuan dimana Kenji memiliki kekuatan setanding manusia super. Kemampuan ini terlihat jinak, hanya bisa mengangkat mobil dan banyak barang juga manusia.
Image result for bungou stray dogs miyazawa kenji gif

Tetapi, kemampuan ini juga melindungi Kenji dari banyak luka serius (seperti ketika kepalanya dihajar dengan pipa besi, dan tidak ada satupun luka ataupun setetes darah di tubuhnya). Bah, bahkan dihujani rentetan MACHINE GUN dari Port Mafia-pun, tidak ada satupun lubang peluru di tubuhnya!


Bayangkan, betapa praktisnya hidup kita jika memiliki kemampuan seperti Kenji.

Setelah kerja keras, bisa makan (daging sapi) sepuasnya! All the hard work pays for the meat (barbecue party)!



8. Anne dari Palung Merah (Anne of Abyssal Red) - Lucy Maud Montgomery

Untuk penculikan taktis, kemampuan Lucy tiada duanya. mengapa?

Image result for bungou stray dogs anne of abyssal red
Dalam rencana Alcott untuk episode 12, sebenarnya Alcott telah memilih target siapa yang bisa diculik dengan kemampuan ini.

Lantas, kenapa ia memilih Atsushi dan Tanizaki?

Anne of Abyssal Red adalah sebuah kemampuan dimana Lucy menciptakan sebuah dimensi yang 'teprisah' dari dunia nyata. Dimensi ini berbentuk suatu 'ruang', dan apapun yang terjadi di dunia nyata di luar ruang itu akan berhenti, seolah waktu di luar telah berhenti total.











Di dalam ruangan itu, Lucy juga dapat memanggil boneka raksasa bernama Anne, dimana sosok ini yang akan memulai permainan kejar-kejaran dengan korban yang terperangkap. Siapapun yang tertangkap akan ditarik masuk ke dalam sebuah ruangan lain, dimana mereka yang tertangkap akan selamanya terkurung di sana (selama yang Lucy inginkan).

Image result for bungou stray dogs anne of abyssal red

Atsushi di episode 12 sebenarnya masih memiliki jiwa penakut itu. Pasti, jika ditakuti dengan Anne (boneka raksasa milik Lucy), ia akan lari keluar dari 'ruangan' itu.

Nah, inilah kemampuan sesungguhnya.

Sekali Atsushi keluar dari ruangan itu, ia akan melupakan semuanya, sehingga tidak bisa memberikan informasi apapun pada Agensi Detektif Bersenjata. Maka dari itu, secara taktis, kemampuan ini sangatlah berguna.

Selain itu, presensi Lucy juga dapat disembunyikan dalam ruangan ini, tetapi, sepertinya kemampuan ini memiliki limit sendiri yang belum dijelaskan oleh Kafka Asagiri sendiri.

Tetapi, kemampuan ini tidak akan berguna bila Lucy berhadapan dengan seseorang yang kuat seperti Mori (yang dapat membekukan Anne hanya dengan aura membunuhnya saja) atau sekelas pria itu.

Tetap saja, jika dipergunakan dalam sebuah taktik yang serapih milik Alcott, Anne of Abyssal Red bisa menjadi sebuah kemampuan yang sangat berguna dan mematikan (langkah lawan).


7. Surat Merah (Scarlet Letter) - Nathaniel Hawthorne


Sang Pendeta The Guild hadir sebagai peringkat ke-7. Saya yakin, beberapa dari kalian mempertanyakan "kenapa bukan Akutagawa?". Saya akui, secara kekuatan, Rashomon jauh kemana-mana menangnya. Tetapi, bagi kalian yang tidak hanya menonton anime saja, tetapi juga membaca manganya hingga selesai Cannibalism Arc akan paham kenapa Scarlet Letter saya letakkan dalam list ini.

Image result for bungou stray dogs scarlet letter gif

Kemampuan Scarlet Letter membuat Nathaniel bisa mengontrol darahnya sendiri menjadi senjata. Ya, seperti anime Deadman Wonderland, dimana si protagonis dapat mengubah darahnya menjadi peluru darah, Nathaniel pun dapat melakukan hal yang sama.

Mengubah darah menjadi peluru, atau tali untuk mengikat lawan, atau semacam tembok pelindung? Ya, ia agak mirip dengan Rashomon.

Walau Rashomon jauh lebih agresif (bisa membuat pelindung yang tidak bisa ditembus, 'memakan' apapun bahkan ruang / space sekalipun), tetap, Scarlet Letter memiliki fungsi yang jauh lebih berguna.

Tadi, saya mention Cannibalism Arc (arc milik Fyodor), bukan?

Peringatan, jika tidak ingin dispoiler, segera longkap ke peringkat 6. Tetapi, jika kalian masih penasaran atas kekalahan Akutagawa, silahkan lanjut~

Pada arc Cannibalism, darah Nathaniel telah dicampur (atau setidaknya, membawa) virus yang diberikan oleh kemampuan Pushkin (salah satu anak buah Fyodor). Nathaniel (yang telah dicuci otak) menyerang Fukuzawa.

Oh? Apakah untuk membunuh si Presiden Agensi?

Salah besar.

Walau ending goal-nya memang itu.

Rencana sebenarnya Fyodor adalah untuk memanipulasi agar Mafia melawan Agensi, dengan cara memindahkan virus itu ke tubuh si pemimpin melalui kemampuan Nathaniel. Ya, seperti menularkan penyakit via transfusi darah / luka yang terekspos (jika tidak mengerti, segera nonton Hataraku Saibou).



Dan, tanpa Scarlet Letter, akan semakin susah bagi Fyodor untuk menyuntikkan virus itu ke dalam tubuh Fukuzawa.

Kemampuan Pushkin baru bisa aktif jika ada setidaknya dua orang yang terkontamitasi virus kemampuannya. Dan karena adanya Nathaniel Hawthorne, rencana Cannibalism bisa berjalan mulus.


Selain itu, darah milik Nathaniel yang berceceran di luar tubuhnya (misal di lantai) masih dapat diaktifkan, menjadikan setiap titik darah miliknya sebuah senjata perangkap.




6. Engkau Tidak Boleh Mati (Thou Shalt Not Die) - Akiko Yosano

Kemampuan Yosano pasti sudah semua orang tahu. Ya, semakin dekat seseorang dengan kematian, kemampuan Yosano barulah bisa aktif.

Thou Shalt Not Die, seperti namanya, adalah sebuah kemampuan yang menyembuhkan kembali luka (eksternal) dari orang sekarat di sekitar Yosano. Kemampuan ini sangatlah berguna, terlebih Agensi Detektif Bersenjata selalu diincar oleh musuh-musuh yang tidak senang dengan kehadiran mereka (contoh, Port Mafia).

Kemampuan ini pula yang membuat Yosano direkrut ke dalam badan militer Jepang di zaman The Great War (perang dunia versi BSD).

Karena kemampuan inilah, Yosano mendapat julukan 'Malaikat Kematian'.

Kekurangan kemampuan ini adalah tidak dapat digunakan jika lukanya menyebabkan kematian instan (seperti pemenggalan).



5. Semua Manusia adalah Sama (All Men Are Equal) - Fukuzawa Yukichi 


Fukuzawa Yukichi mendapat peringkat ke-5 dalam list ini. Kemampuannya sangatlah berguna, terlebih bagi mereka yang baru belajar mengontrol kemampuan khusus mereka (seperti Atsushi dan Kyouka). 

Tetapi, kemampuan ini hanya berlaku bagi mereka yang dirasa pantas menerima efeknya saja (seperti anggota Agensi).

All Men Are Equal lebih fokus pada supresi. Kemampuan para pengguna kemampuan khusus ditekan oleh Fukuzawa sehingga lebih mudah dikontrol oleh pemilik masing-masing. Inilah yang sebenarnya juga berkontribusi dalam menyelamatkan Atsushi dan Kyouka, juga mungkin menjadi pertimbangan Dazai mengapa Atsushi baiknya bergabung dengan Agensi.

Kemampuan ini memang tidak berguna untuk ofensif (menyerang) dan defensif (bertahan). Tetapi, kemampuan ini sangat menggambarkan karakteristik Fukuzawa yang ingin menolong para pengguna kemampuan khusus.



Andai tidak ada kekuatannya, mungkin Atsushi sudah lama 'dimakan' oleh kemampuannya sendiri.

4. Puisi Doppo (Doppo Poetry) - Kunikida Doppo

Di posisi ke-4 adalah Kunikida dengan kemampuannya, Doppo Poetry. Fungsi dari kemampuan ini sangatlah tinggi, walau ia memiliki limit yang super mengekang. Tetapi, dalam 'puisi', imajinasi akan meruntuhkan semua limit itu, fufufu!

Baiklah, mengapa kemampuan khusus Kunikida bisa diperingkat ke-4? Ini dia alasannya~

Kemampuan Doppo Poetry adalah mengubah tulisan nama benda yang diinginkan menjadi materil real-nya, selama benda yang diinginkan pernah dilihat oleh Kunikida. Dalam kasus ini, ia dapat menciptakan berbagai senjata praktis seperti stun gun, pistol otomatis, bahkan granat tangan, dan dapat menciptakan barang lainnya seperti kunci dan kacamata.






Kunikida hanya tinggal menuliskan namanya, menyebutnya, dan barang tersebut akan tercipta secara instan. Ia tidak perlu membawa apapun kecuali pena dan buku idealnya tersebut dalam setiap misi.


Image result for bungou stray dogs doppo poetry gif


Terus, gimana kalau Kunikida terikat tangannya? Terus, gimana kalau dia ga ada bukunya? Terus, bagaimana jika buku dan penanya diambil oleh si penjahat?

Wah, kurang praktis dong?

Ingat bagaimana saya bilang imajinasi meruntuhkan limit? Ya, Kunikida adalah contoh nyatanya. Ingat bagaimana Light Yagami menyembunyikan secarik kertas kecil Death Note di dalam jam arlojinya? Ya, taktik Kunikida kurang lebih seperti itu.

Ketika John Steinbeck telah melucuti pistol otomatis, Kunikida masih bisa mengeluarkan kertas sudah ditulis terlebih dahulu dan mengubahnya menjadi pistol cadangan.

Ketika Shokaku mengikat tangannya dan mengambil bukunya, Kunikida hanya perlu menipu lawannya agar membalikkan halaman ke halaman yang sudah ditulis dan mengaktifkan kemampuannya.

Ketika Tanizaki terjebak dalam gedung mafia dan butuh senjata, Kunikida sudah memberikannya secarik kertas bertuliskan senjata dan Tanizaki bisa memiliki senjata cadangan dan lolos dari Black Lizards.


Kunikida telah menguasai dan memahami kekuatan serta kelemahan kemampuannya, inilah yang menjadikan kemampuan yang terlihat sangat payah menjadi salah satu kemampuan paling lethal yang pernah ada.

Mungkin, jika Kunikida jatuh ke dunia gelap, ia bisa menciptakan sesuatu yang berukuran lebih kecil dari bukunya, tetapi bisa menghancurkan satu negara dengan satu tombol (re: tombol bom atom).

3. Sempurna (Flawless) - Oda Sakunosuke / Kesukaran ialah Gerbangnya (Strait is the Gate) - Andre Gide

Dua kemampuan ini, walau berbeda dua, tetapi sama sifatnya. Ya, kemampuan Flawless dimiliki oleh Oda Sakunosuke - si mafia berposisi terendah dan Andre Gide - Komandan dari Mimic.

Flawless dan Strait is the Gate adalah sebuah kemampuan dimana si pemilik kemampuan dapat melihat masa depan 5-6 detik dari waktu sekarang. Dalam 'dunia' kemampuan khusus itu, tidak sampai 1 detik di waktu dunia nyata yang termakan ketika Oda / Gide menggunakannya. Kemampuan ini bisa dikatakan dapat 'membelokkan takdir' seseorang.





Kemampuan ini secara overall jatuh di kategori supportive (memberi support), lantas, kenapa mereka bisa berada di peringkat ke-3?

Secara canon, kemampuan inilah yang membuat Oda bisa bertahan hingga usia 23 tahun dan Gide hingga usia 32 tahun. Kemampuan ini telah berkali-kali menyelamatkan penggunanya dan juga membuat mereka berhasil menyelesaikan misi mereka.



Bahkan dengan keadaan tangan yang terikat di belakang kursi dan kepala yang dibungkus karung, Oda Sakunosuke (usia 13 tahun) dapat memutar keadaaan dan berhasil mengungguli Fukuzawa Yukichi walau hanya sebentar. Dengan kemampuan yang sama, Oda dapat meloloskan diri dari si Serigala Perak, dan sekian banyak kematian.

Namun, kemampuan ini harus mendampingi seseorang yang cekatan seperti Oda dan Gide. Dalam waktu kurang lebih lima detik yang telah diberikan, mereka harus memikirkan suatu cara untuk bisa membelokkan 'takdir' mereka. Jika Oda atau Gide gagal mengambil langkah cepat dan tepat, sebagai resikonya mereka tidak bisa meminimalisir kerusakan atau bahkan, kematian akan menjemput mereka.

2. Bukan Lagi Seorang Manusia (No Longer Human) - Dazai Osamu


Image result for bungou stray dogs dazai osamu gif

Kemampuan Dazai sudah tidak perlu diragukan lagi 'ke-lethal-annya' bagi para Pengguna Kemampuan Khusus. Yep, dengan satu sentuhan dari ujung jari, Dazai bisa membuat lawannya menjadi manusia biasa, memberikan kesempatannya untuk membalas kala lawannya tidak bisa menggunakan kemampuannya lagi (selama waktu tertentu).

Ya, bahkan Dazai sampai dijaga mati-matian oleh Mori karena kemampuannya yang sangat berharga. Soukoku lahir karena kemampuan Dazai yang bisa mengontrol Corruption milik Chuuya. Setiap lawan yang mengetahui kemampuan Dazai akan lebih memilih untuk mundur daripada menjadi manusia biasa lagi.

Image result for bungou stray dogs no longer human gif

Ya, tetapi, Dazai juga harus membayar mahal untuk kemampuan ini. Karena sifatnya menulifikasikan kemampuan orang lain, Dazai tidak bisa disembuhkan dengan kemampuan Yosano Akiko, menyebabkan ia sebagai orang yang paling mudah mati di Agensi.




Nah, setelah semua itu, apakah kalian akhirnya penasaran siapa yang no.1? Bukan Dazai. Bukan Chuuya? Kyouka? Atsushi? Mori? Fyodor? Shibusawa?

Ayo, tebak terus, tebak terus!

Kalau sudah menyerah, mari ikut saya menghitung countdown ya~

Lima...

Empat...

Tiga...

Dua...

Satu....

Ya, pemenang dari list ini adalah!!!!

...
..
.

1. Hujan Salju Ringan (Light Snow) - Tanizaki Junichirou


Loh? Loh kok? Loh kok TANIZAKI?!

Begitulah yang pasti sedang diulang-ulang dalam hati kalian.

Ya, pilihan saya bukanlah kemampuan super lethal milik Chuuya, bukan kemampuan kill praktis seperti Fyodor, atau yang membuatmu bisa hidup kembali dan berubah jadi naga ala Shibusawa, tetapi sebuah ability ilusi belaka.

Related image

Loh? Kenapa?

Banyak yang menganggap remeh Tanizaki hanya karena ia seorang karakter suporter. Tetapi, karakter supporter, dengan kemampuan yang sangat support type ini sama sekali tidak boleh dianggap enteng! Bahkan, jika Mori sudah mendengar apa yang terjadi pada dirinya sewaktu Cannbalism pasti tidak bisa tidur tenang lagi!

Kemampuan Light Snow adalah menciptakan 'ruang' ilusi yang dimulai dengan jatuhnya hujan salju ringan (seperti namanya). Mereka yang terperangkap akan melihat ilusi optik suatu benda atau manusia yang dikehendaki oleh Tanizaki.

Kemampuan ini berguna sebagai smokescreen, karena limit kemampuan ini tidak sebatas pada mata manusia, bahkan Tanizaki dapat juga menipu mata digital yakni kamera.


Kemampuan sekecil ini yang nanti justru berubah sangat lethal, ditambah Tanizaki jika sudah berkomitmen penuh, tidak ada lagi yang bisa menghentikannya.

Perlu diketahui bahwa dengan kemampuan Light Snow, Tanizaki (diam-diam) adalah 'assassin' dan 'spy' dari Agensi. Dengan kemampuan itulah, Tanizaki menyelinap masuk ke dalam teritori mafia, mendapatkan informasi soal Atsushi yang diculik oleh sebuah organisasi ekspedisi milik mafia. 

Daaan, dengan kemampuan yang sama pula, Tanizaki secara SOLO menyelinap ke dalam gedung PUSAT PORT MAFIA, melewati sekian lapis PERTAHANAN PORT MAFIA, dan mencapai RUANG TIDUR MORI dan hampir berhasil membunuh si Bos Mafia yang sedang tertidur nyenyak entah mimpi apa.

Ya, saya serius. Ini buktinya.



Siapa lagi yang berhasil masuk sejauh kamar pribadi Mori kalau bukan TANIZAKI JUNICHIROU?! Yah, walau sayang pada akhirnya, Kafka Asagiri berkata Mori belum boleh mati hari itu, perannya masih ada, rencana pembunuhan ini berakhir gagal.

Tetap, empat panel itu telah menunjukkan sejauh apa kegunaan dan betapa berbahayanya kemampuan Tanizaki, ditambah ia sendiri memang pemuda yang memiliki tekad penuh (terlebih jika soal melindungi adiknya, Naomi).

Apakah Tanizaki pantas juga menjadi peringkat 1 di list kalian? Fufufu~

Original size, karena kita semua bodoh telah meremehkan Tanizaki. Even Tachihara hampir ngompol di depan Tanizaki.



Akhirnya, kita telah sampai di ujung acara hari ini! Inilah 10 kemampuan yang saya pilih dan sortir untuk artikel kali ini.

Bagi yang masih penasaran apa sih itu Bungo Stray Dogs:

Bungo Stray Dogs adalah serial yang ditulis oleh Kafka Asagiri dan digambar oleh Harukawa 35, dipublikasikan oleh Kadokawa melalui Youngace. Ceritanya tentang para karakter yang direferensikan dari penulis-penulis terkenal dari dunia nyata (Dazai Osamu, Akutagawa Ryuunosuke dll) memiliki kemampuan khusus.

Hingga saat ini, Bungo Stray Dogs telah memiliki 65 bab manga, 15 volum manga, 8 light novel, 2 season anime, 1 movie dan 1 ova. Serial ini dipublikasikan setiap awal bulan melalui website Youngace atau dalam bentuk fisik (majalah Youngace atau sebagai 1 volume).



Stay tuned!

Comments

Popular posts from this blog

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

BSD Mobile Game - Bungo Mayoi