Bungou Stray Dogs Wan! Vol.2 and others review

Belum lama ini, Bungou Stray Dogs telah mempublikasikan beberapa buku baru diantaranya adalah BSD Wan! Vol.2 (Kanaineco), Bungou Stray Dogs manga vol.12 (Asagiri x Harukawa35), Light Novel 4 - 55 Minutes (Asagiri x Harukawa35), BSD Anthology (Various Artist), BSD Rakugaki (Harukawa35 collection) dan BSD Official Guide Book Season 2 (Bones - Anime).

Saya akan beri review sekilasan tentang buku ini (dan pendahulunya).




1. Bungou Stray Dogs Wan! vol.2



Sama seperti buku pertamanya, BSD Wan! Vol.2 adalah cerita-cerita Kanaineco yang sudah dibukukan. BSD Wan! Vol.2 dimulai dari chapter 22 samapi chapter 39 dari yang sudah dipublikasikan Kanaineco di website-nya (https://web-ace.jp/youngaceup/contents/1000002/); dan salah satu chapter itu adalah Dark Era.

Pantas dibeli atau tidak?

Bagi yang ingin mendukung Kanaineco, tentu saja ini pantas dibeli. Selain itu, ada beberapa illustrasi tambahan seperti kover, halaman pertam yang colorful dan tentu saja, di kover belakang ada Shachou dan Nyatsume-sensei (aka Natsume dalam form kucing).

Ceritanya sama saja dengan yang ada di website Young Ace Up, tetapi, tak ada salahnya membeli untuk mendukung mangaka-nya, bukan?

Buku ini dibandrol dengan harga Rp. 134.000,- di Kinokuniya (masih ada stock terakhir kali saya cek).

--------------

2. Bungou Stray Dogs vol.12



BSD Vol.12 masih termasuk dalam arc Fyodor/Cannibalism, Terbilang cukup tebal karena ia merangkum dari chapter 47 sampai 52 (termasuk .5-nya). Buku ini tersedia di Kinokuniya Indonesia, kisaran harga antara Rp 140.000-170.000,-. Tidak ada bonusan untuk buku ini, namun, jika kalian membeli Young Ace edisi bulan ini, kalian bisa dapat Akutagawa + Chuuya arcylic standee. 

Pantas dibeli?

Tentu saja. Namun, buku ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang (karena yang official english masih vol.2, entah bagaimana dengan versi Korea dan Chinese-nya / seharusnya sudah sampai vol.12 juga). Walau tidak ada bonus apapun, tetapi jika kalian pesan dari Jepang, ada kemungkinan bisa mendapatkan "calling card" karakter tertentu secara random (seperti pengalaman saya beli BSD novel Gaiden versi Chinese, dapatnya kartu Kyougoku - hanya versi Chinese yang ada bonus ini).

Atau jika kalian hanya ingin beli chapter tertentu, bisa beli e-volume dari websitenya young-ace (tentu, tidak dapat bonusan fisik).

-------------

3. BSD Ligh Novel 4 - 55 Minutes

Summary: Agensi Detektif Bersenjata mendapatkan sebuah request untuk menyelidiki kasus pencurian di sebuah pulau misterius yang memasuki daerah Jepang, Standard Island namanya. Namun, misi mereka sesungguhnya adalah untuk mengungkap aksi terorisme yang siap melenyapkan Yokohama menggunakan sebuah bom berkekuatan nuklir. Apakah Atsushi dan para detektif lainnya berhasil mengungkap siapa dalang di balik tindak terorisme tersebut?

Setting: Sebelum Cannibalism arc.

Karakter baru:

Herbert George Wells / H.G. Wells - Seorang wanita berambut panjang, berpenampilan semiformal dan membawa sebuah kamera klasik, ia adalah seorang ilmuwan yang sesungguhnya menciptakan bom tersebut. Namun, bom itu dicuri oleh seseorang bermaksud jahat sehingga ia pergi ke Standard Island untuk mengambil kembali bom tersebut sebelum diledakkan.

Kemampuan khusus: The Time Machine, mengembalikan 'kesadaran' orang yang dipotretnya kembali ke 55 menit yang lalu, hanya bisa digunakan 1 kali pada 1 orang.

Jules Verne - Mantan tentara dari Perancis yang memiliki kemampuan The Mysterious Island. Ia-lah membuat pulau Standard Island, pulau yang dijadikan sebagai lambang damai antar tiga negara Great War yakni Perancis, Jerman dan Inggris/England. Kemampuannya yang sesungguhnya bukan membuat pulau itu, namun pulau itu sendiri adalah bentuk fisik dari kemampuannya, dan pengguna kemampuan khusus yang mati di pulau itu akan diambil kekuatannya oleh Verne.

Gab - Main-antagonist dari cerita ini. Ketika Verne mati dikonsumsi oleh kekuatannya sendiri, Gab-lah yang menggantikannya. Ia mengambil ahli tubuh Verne, menamai dirinya sendiri Gab.







Apakah buku ini worth it?

Saya yakin setiap cerita Asagiri worth it untuk dibeli, terlebih, bagi mereka yang ingin mengetahui lebih soal Great War (juga Mimic). Dalam buku ini, hadir juga seseorang yang dinamai Colonel, dia dipercayai sebagai atasan dari Gide, dan tujuan ia meledakkan bom adalah 'untuk membangunkan [mereka], kau memerlukan suara yang sangatlah keras'. 

Buku ini dapat dikatakan sebagai salah satu karya dengan tema terberat dari Asagiri.

Buku ini tersedia di Kinokuniya Indonesia dengan harga Rp 150.000,- dan tebalnya 310 halaman (cerita + afterwords + beberapa ilustrasi). Namun, buku ini berbahasa Jepang (tetapi tenang saja, ada beberapa tumblr blogger yang sedang mentranslasi novel ini).

-------------

3. BSD Anthology




Buku ini adalah kumpulan komik-komik dari berbagai artist, dan setiap chapternya berbeda mangakanya. Cerita-cerita dalam buku ini tidak terlalu mengikui manga, alias disajikan dalam bentuk yang lebih ke komedi seperti BSD Wan!.

Mangaka yang berpartisipasi adalah:
  • Sazanami Misa (Illustrasi page 1)
  • Hideki (Illustrasi page 2)
  • Chashibu Tam (Illustrasi page 3)
  • Ichi Kotoko
  • Kanaineco (BSD Wan!)
  • Uraki Enya
  • Kashima Ui
  • Aoi Mito
  • Nozaki Tsubata
  • Kirora Con
  • Togo Kazuki
  • Akamaru
  • Masagishi Yuto
  • Samamiya Akaza
Cover illustration milik Harukawa35.

Pantas dibeli?

Bagi saya, sebenarnya pantas untuk dibeli karena bisa melihat style-style yang berbeda. Saya pribadi suka stylenya Togo Kazuki (atau karena chapter dia itu Akutagawa-centric dimana Akutagawa vs anjing pug dan itu sangat... unyu...). Ada juga yang style shojo manga banget (baik gambar dan cerita) by Ichi Kotoko (doujinka BL...). Kanaineco menggambar chapter baru dimana Dazai membersihkan kantornya Chuuya (basically, Dazai membantu Chuuya).



Komik ini tersedia di Kinokuniya Indonesia seharga Rp 150.000,-. Hanya ada bahasa Jepang saja.


------------


4. BSD Rakugaki



Sesuai namanya, ini adalah semacam katalog koleksi ilustrasi Harukawa35, official illustrator untuk BSD manga.

Pantas dibeli?

Sejujurnya, isi buku ini bisa ditemukan di blognya Harukawa35, namun, tidak ada salahnya membeli untuk mendukung Harukawa35, bukan? Juga, cover buku ini sangatlah cantik (ya, saya tergoda beli ini karena kovernya). Dan dalam buku ini juga ada draft setiap karakter BSD mulai dari mereka awal di-design sampai final (ada juga komentar dari sang illustrator, yang mengakui Chuuya paling susah di-design). Selain itu, lumayan juga bisa melihat gambar-gambar Harukawa dalam versi HD tidak pecah-pecah, bukan?

Buku ini harganya Rp  200.000,-, kira-kira setebal anthology.


-----------


5. BSD Official Guide Book season 2



Seperti versi dulunya, Guide Book ini berisikan detil design, trivia-trivia dan komentar dari para cast yang muncul dalam season 2 + Dark Era. Detil informasi ditambahkan seperti Atsushi yang sudah muncul di Guide Book 1, dimunculkan kembali dan ditambahkan trivianya (seperti tidur dari jam berapa sampai jam berapa). Illustrasi oleh Bones.

Pantas dibeli?

Tipe kesukaan, makanan favorit dan berbagai trivia dari setiap karakter semakin banyak. Kalian bisa tahu tipe yang disukai Dazai seperti apa, selama berapa jam Atsushi tidur tiap harinya dan senjata apa saja yang digunakan dalam Season 2 + Dark Era. Dan pastinya, penambahan detil dari tempat-tempat setting Dark Era, juga Season 2.

Berhubung saya belum dapat bukunya, kemungkinan harga buku ini begitu sampai di Indonesia sekitar Rp 380.000,- (season 1 seharga Rp. 350.000,-).

Comments

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

BSD Mobile Game - Bungo Mayoi