How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

Selamat datang di Literary Dreaming! Di blog ini, kebanyakan topik yang diberitakan dan dibahas adalah Bungo Stray Dogs, tetapi, terkadang juga membahas game favorit saya seperti Dynasty Warriors dan Warriors Orochi.

Sebelumnya, mari saya perkenalkan diri dulu. Kaien, begitulah biasa orang memanggil saya. Ya, namanya cukup keren, tetapi karena G*ntama, reputasi nama ini jadi rusak. Tapi tidak apa, Kaien tetap keren.

Artikel kali ini sebenarnya dikhususkan pada mereka yang baru mengenal Bungo Stray Dogs, atau yang sebenarnya sudah lama tapi tidak terlalu tahu dalam soal Bungo Stray Dogs (selain anime-nya). Jadi, artikel kali ini ada untuk memperkenalkan dunia Bungo Stray Dogs.


So, jika kalian ingin menyeret teman wibu kalian ke dalam dunia Bungo Stray Dogs, tidak salahnya memperkenalkan mereka ke artikel ini~

Let's go! Enjoy the content!

P.S.: Spoiler alert. Website ini jarang sekali spoiler free, tetapi, kami mengusahakan yang terbaik untuk meminimalisir spoiler~

[ Introduksi Singkat Bungo Stray Dogs ]

Bungo Stray Dogs adalah serial manga yang ditulis oleh Kafka Asagiri (author) dan diilustrasikan oleh Harukawa 35 (mangaka). Serial ini pertama kali terbit tahun 2012 di bawah Young Ace (di bawah Kadokawa), dan hingga saat ini masih berlanjut.


Tidak seperti Shonen Jump yang rilis tiap minggu, Bungo Stray Dogs merilis hanya 1 chapter setiap bulan, karena itu, butuh waktu kira-kira 4 sampai 5 bulan untuk merilis satu volume komik. Waktu rilisnya kira-kira tanggal 3 atau 4 di awal bulan, pukul 10.00 malam WIB melalui website resmi YA (YoungAce) dan ada juga dalam bentuk fisik yakni majalah YoungAce.

Hingga hari ini, Bungo Stray Dogs telah memiliki:
  • 65 bab manga
  • 15 volume manga (yang ke-16 dirilis Desember 2018)
  • 2 season anime (yang ke-3 tahun depan, perkiraan)
  • 1 movie (sudah rilis awal tahun, berjudul "Dead Apple")
  • 4 Light Novel 
  • 1 Gaiden serta manga (yang diadaptasi oleh mangaka bernama Oyoyo)
  • 2 Light novel khusus (dirilis untuk bioskop di Jepang saat pemutaran Dead Apple)
  • Spin-off : Bungo Stray Dogs Wan (yang sudah punya 4 volum dan lebih dari 65 chapter)
  • 3 Anthology manga
  • 3 Guidebook
  • 1 Rakugaki (koleksi gambar Harukawa 35)
  • 1 Game Mobile ("Bungo Stray Dogs - Mayoi Inu Kaikitan", juga ada versi Inggrisnya "Bungo Stray Dogs - Tales of the Lost")
  • Beberapa kolaborasi dalam game seperti Love Heaven dan 18.

[ Konsep Bungo Stray Dogs ]

Bagi kalian yang sangat senang dengan dunia literatur atau membaca buku, kalian pasti akan mengenal beberapa nama yang saya sebutkan ini.

Pernah mendengar nama "Akutagawa Ryuunosuke (Kappa, Rashomon)"? Hmm... atau "Francis Scott Fitzgerald (The Great Gatsby)"? Atau "Howard Philips Lovecraft (The Call of Cthulhu)"?

Ya, mereka adalah author-author paling top di zaman mereka masing-masing, dan tahukah kalian bahwa mereka juga muncul di Bungo Stray Dogs?

Apa? Tidak salah baca?

Image result for akutagawa ryuunosukeImage result for akutagawa ryuunosuke
Akutagawa Ryuunosuke asli (kiri) dengan Akutagawa Ryuunosuke - Bungo Stray Dogs (kanan)

Ya, mereka muncul di serial ini sebagai karakter dengan kemampuan khusus (superpower). Seperti Akutagawa Ryuunosuke yang memiliki kemampuan Rashomon, Fitzgerald dengan The Great Fitzgerald dan Lovecraft dengan The Great Old Ones.

Konsep dari Bungo Stray Dogs adalah author-author terkenal dimunculkan sebagai karakter. Dan karakter yang berhasal dari 'author' ini memiliki kemampuan khusus yang dikenal sebagai 'ability' dalam verse ini. Tidak hanya author-author terkenal saja, karakter dari cerita para penulis hebat tersebut (misal, Naomi dan Elise) muncul sebagai karakter pendukung. Mereka yang direferensikan dari karakter para penulis tidak memiliki kekuatan, tetapi memiliki ikatan tertentu seperti Tanizaki Junichiro (author) dengan Naomi (karakter) yang memiliki hubungan... di-hint sebagai inses(?).

Ceritanya bertemakan action berbau mafia-mafia, dengan konflik yang kadang bertabrakan dengan Pemerintahan Jepang bahkan sampai melibatkan organisasi berbahaya dari luar Jepang.

Awal moral dari serial ini adalah soal "mencari alasan untuk hidup". Saya rasa, itu adalah sebuah plot yang sangat bagus, terlebih banyak karakter Bungo Stray Dogs yang sepertinya belum bisa menerima kekuatan spesial mereka sebagai bagian dari diri mereka.

Walau karakter yang direferensikan dari seorang author terkenal, belum tentu ia memiliki kekuatan khusus seperti Edogawa Ranpo dan Tachihara Michizou.

Related imageImage result for tachihara michizou bungo mayoi
Edogawa Ranpo (kiri) dan Tachihara Michizou (kanan), keduanya tidak memiliki kemampuan khusus

Yang menarik lagi, kalian akan menemukan beberapa trivia-trivia menarik dalam cerita ini seperti hubungan antara karakter dengan ability-nya (misal kenapa Nakajima Atsushi memiliki kekuatan untuk berubah menjadi harimau putih) atau hubungan antar para karakter (misal Chuuya dan Dazai yang di kehidupan nyata suka berantem) atau hobi dari karakter tersebut (misal Chuuya yang suka bertarung ini karena dirinya yang asli memang suka berantem).


[ Organisasi / Faksi dalam Bungo Stray Dogs ]

Di dalam Bungo Stray Dogs, sebenarnya ada banyak sekali organisasi yang berpihak baik maupun yang buruk. Beberapa yang paling terkenal adalah:

  • Armed Detective Agency - Kelompok agensi yang baik. Ini adalah kelompok protagonis serial BSD. Mereka bertugas di daerah abu, menyelesaikan misi yang tidak dapat diselesaikan oleh para aparat keamanan dan pemerintahan. Pemimpin mereka adalah Fukuzawa Yukichi. Umur agensi ini kira-kira sudah lebih dari 10 tahun.
Dari kiri ke kanan: Akiko Yosano, Miyazawa Kenji, Dazai Osamu, Nakajima Atsushi (protagonis), Kunikida Doppo, Tanizaki Junichiro, Edogawa Ranpo

  • Port Mafia - Kelompok antagonis BSD. Sesuai dengan namanya, mereka adalah kelompok mafia yang menguasai pelabuhan di Yokohama. Jaringan mereka sangatlah kuat bahkan sampai ke dalam badan pemerintahan sekalipun. Pemimpin mereka yang sekarang adalah Mori Ougai. Di bawah sang Boss adalah 5 orang eksekutif. Mereka sering menyerang ADA yang dianggap mengganggu bisnis mereka. Walau mereka adalah organisasi mafia, mereka mampu menjalankan bisnisnya karena berhasil mendapatkan Izin Usaha Berkemampuan Khusus dari Pemerintah Jepang.
Dari kiri ke kanan: Akutagawa Ryuunosuke, Nakahara Chuuya, Mori Ougai, Elise

  • The Guild - Tidak seperti dua organisasi di atas, The Guild berasal dari Amerika dan adalah organisasi berkemampuan khusus yang ilegal karena tidak memiliki "Izin Usaha Berkemampuan Khusus". Mereka adalah kelompok antagonis untuk arc ke-2 BSD. Pemimpin mereka adalah Fitzgerald. Basis mereka adalah sebuah paus raksasa bernama Moby Dick (manifestasi kemampuan dari salah seorang anggotanya - Herman Melville).
Dari atas ke bawah, kiri ke kanan: H.P. Lovecraft, Nathaniel Hawthorne, Mark Twain, Margaret Mitchell, Francis Scott Fitzgerald, John Steinbeck

  • Rats of the House of the Dead - Organisasi antagonis ini berasal dari Rusia, dipimpin oleh Fyodor Dostoevsky. Organisasi ini sama seperti The Guild, ilegal karena tidak memiliki Izin dan melakukan banyak aktivitas kriminal. Kelompok ini menjadi kelompok antagonis utama untuk arc ke-3 BSD hingga sekarang.
Image result for bungou stray dogs rats of the house of the dead
Fyodor D., pemimpin House of the Rats of the Dead

  • Order of the Clock Tower - Organisasi ini berasal dari Inggris / Britain, dipimpin oleh Dame Agatha Christie. Organisasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terkuat di dunia, terlebih, karena berasal dari Eropa yang merupakan sentral dari para pengguna kemampuan khusus terhebat di dunia. Mereka bisa dikatakan minor antagonis untuk sekarang.

Selain itu, masih banyak organisasi lainnya seperti Special Ability Department (badan pemerintahan Jepang yang mengawasi para Ability-users), Mimic (kelompok antagonis di light novel ke-2) dan sebagainya.


[ Menuju artikel selanjutnya! ] - Stay tuned

Comments

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

BSD Mobile Game - Bungo Mayoi