6 November 2017 - Bungou Stray Dogs Movie and Bungou Mayoi Game

Akhirnya setelah sudah 2 bulan saya tidak update, saya memutuskan untuk meluangkan sedikit waktu guna menulis artikel ini.

Baiklah, di artikel ini kita akan mengulas soal movie yang baru saja diumumkan Kadokawa beberapa hari yang lalu: [Bungou Stray Dogs the Movie : Dead Apple]

Akhirnya! The movie! Walau ekspektasi saya di awal season 1 anime itu yang jadi movie adalah Dark Era (I mean... itu adalah Light Novel yang saya berani bilang paling best selling?), tetapi kita mendapatkan Movie dengan cerita original dari Bones x Kafka Asagiri, so well that pays.

Mari kita ulas dulu the Movie, baru nanti Gamenya~

----------------------------

[Bungou Stray Dogs the Movie : Dead Apple]


[Semuanya berawal - enam tahun yang lalu.
"Perselisihan Kepala Naga" yang berlangsung selama 88 hari, yang menarik begitu banyak organisasi ke dalam sebuah halilintar darah yang ganas, turun dalam perut sejarah Yokohama  sebagai pertempuran dengan korban terbanyak.

Dazai Osamu yang berhasil lolos dari kematian bersama dengan rekan Port Mafia-nya, Nakahara Chuuya, menggenggam erat kata-kata terakhir kawannya yang telah tewas dan menyatakan selamat tinggal pada Boss-nya, Mori Ougai, dan terlihat di tempat baru dua tahun kemudian.

Agensi Detektif Bersenjata, diciptakan di atas fondasi cita-cita Fukuzawa, menyambut Nakajima Atsushi dan Izumi Kyouka sebagai anggota baru mereka, dan menjalani hari-hari yang riuh nan damai.

Tetapi, insiden-insiden aneh tentang para Pengguna Kemampuan Khusus di seluruh dunia melakukan bunuh diri sedang terjadi.

Lebih hebatnya lagi, lebihd ari 500 Pengguna menggunakan kemampuan mereka sendiri untuk melakukannya.

Dan di setiap lokasi kejadian, selalu ditemukan {kabut} yang tak bisa dijelaskan (kehadirannya).

Departemen Kemampuan Spesial dari Kementerian Dalam Negeri telah menyatakan kasus ini sebagai "Bunuh Diri Berantai oleh Pengguna Kemampuan Khusus".

Agensi Detektif Bersenjata pergi untuk menangkap pelaku yang dicurigai terlibat dalam kasus ini setelah menerima misi dari Sakaguchi Ango.

Namanya adalah - Shibusawa Tatsuhiko.

Disebut "The Collector", dia adalah seorang Pengguna Kemampuan Khusus yang dipenuhi misteri.

Ia bersembunyi di dalam Yokohama, membawa sebuah motif, dan di kota itu pula, sang Iblis Fyodor Dostoevsky yang secara rahasia terlibat dalam berbagai kasus muncul dan hilang sekehendak hatinya...  bergerak untuk membakar Yokohama dalam sebuah mimpi buruk.

Musuh kuat yang tak diketahui muncul dan menyerang para Pengguna Kemampuan Khusus.

Dan ketika semua ini terjadi, Dazai Osamu menghilang.

Atsushi yang telah menerima perintah tegas dari Kunikida Doppo untuk "menlenyapkan si dalang", merangsek memasuki benteng lawan dengan Kyouka.

Akutagawa Ryuunosuke dari Port Mafia, menghadangnya.

Kebenaran apa yang disampaikan oleh musuh bebuyutannya, sebuah kebenaran yang tak pernah disangka Atsushi?

Dan di saat yang bersamaan, memikul perasaan bersalah setelah kehilangan begitu banyak rekannya di masa lalu, Nakahara Chuuya menantang lawannya...

Shibusawa, muncul demi membawa akhir bagi dunia yang menjemukan ini.

Fyodor, bergerak dalam kegelapan.

Dan Dazai, yang hilang ditelan kabut.

Dalam tebalnya kabut ini, tanpa bisa melihat apapun di baliknya, benang-benang merah takdir dari masa lampau yang lama telah  terikat satu dengan yang lainnya, cerita ini pun dimulai...]


Itulah sinopsis yang telah diberikan oleh BONES di website officialnya. Kurang lebih translatenya seperti itu.

Jadi, kisah Dead Apple nanti akan berhubungan dengan "Dragon Head Rush" yang sempat dimention Oda di episode 2, yang insiden dimana dia nemuin kelima anak adopsi itu. Itulah mengapa kalian melihat kemunculan Oda selama dua detik dalam PV video, juga Dazai dan Chuuya yang masih bekerja sama dalam Port Mafia (dan mungkin itulah cerita dari lahirnya SOUKOKU).

Lalu dapat kalian lihat pula di PV bahwa Akutagawa melawan sosok hitam kemerahan, ya, bagi yang menebak sosok itu sebagai Rashomon, selamat! Kalian benar! Dalam movie ini, kemungkinan besar selain Akutagawa, Atsushi dan Kyouka juga harus melawan kemampuan mereka sendiri, begitu pula dengan pengguna kemampuan khusus lainnya seperti Chuuya dll.

[Ninja Gaiden]

Dan kenapa Kemampuan tersebut bisa bermanifestasi menjadi suatu rupa kemungkinan besar disebabkan oleh kabut misterius yang telah disebut di atas.

Apakah kabut itu adalah kemampuan asli dari Shibusawa?

Ataukah hanya sebuah eksperimen kimia miliknya?

Dan apakah akhirnya kita akan melihat Darakuron, kemampuan khusus Sakaguchi Ango di sini?!

Yang jelas, motif Shibusawa itu adalah ia ingin 'memiliki' semua kemampuan khusus, mungkin yang dimaksud bukan menyerap kemampuan itu total, tetapi dengan memberinya bentuk dan bisa ia kontrol, misal mengontrol Rashomon milik Akutagawa.

Entah apakah jika kemampuan itu 'terpisah' dari Tuan-nya, si Tuan masih bisa mengaktifkan kemampuan tersebut atau tidak.

Lalu, kenapa Dazai berkumpul bersama Fyodor dan Shibusawa?! Apa sebenarnya yang ia rencanakan?! Apakah karena ini Akutagawa ingin membunuhnya?!

[Pengabdi Setan, 2017]

Semuanya pertanyaan kita akan terjawab di tanggal 3 MARET 2018 nanti~ Untuk sekarang, silahkan nikmati PV-nya terlebih dahulu!




Translasi:

Fyodor: "Penyebaran kabut ini sudah tidak dapat dihentikan. Bumi akan menjadi buah mati - ia akan menjadi apel mati.

Atsushi: "Selama ini, lelaki itu selalu berdiri bersama si harimau, untuk hidup!"

Dazai: "Kau pikir kau bisa menangkapku?"

Kyouka: "Aku hanya ingin orang tersebut berada di dunia cahaya."

Akutagawa: "Aku akan membunuh Dazai-san..."

Shibusawa: "Karena semua kemampuan khusus di Yokohama akan menjadi milikku."

Dazai: "Jika aku menyentuh ini dan membuatnya lenyap, semuanya akan berakhir."

 


Oda: *appears for two seconds*
The whole fandom: *gempa bumi 10 SR*

Tidak, Oda tidak bangkit kembali. Ini sudah pasti adalah flashback dari Dragon Head Rush.

-----------------

[Bungou Stray Dogs Mayoi Inu - Game]


Rilis datenya game ini belum lah disampaikan, tetapi, setidaknya mereka telah me-leak beberapa informasi seputar gameplay dan fitur extras-nya!

Untuk gameplay, sistemnya adalah puzzle shooting game. Tentu, ini adalah genre gameplay yang pasti kita pernah mainkan setidaknya satu kali.



Story-nya tetap mengikuti manga, jadi tidak banyak perubahan. Terkecuali event nanti paling. Misal, event crossover.


Fitur extranya yang paling menarik adalah menu utamanya adalah layout dari kantor ADA, dan kalian bisa melihat chibi-chibi dari para karakter beraktivitas (kecuali Dazai).




"Anak-anak berkata bahwa bermain adalah bekerja, bukan? Ah, saya akan tidur dulu. Tolong bangunkan saya nanti Kuniki- Ibunda."






"Siapa yang kau panggil 'Ibunda', pemalas?!"









Stay tuned!

Comments

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

Bungou Stray Dogs Wan! Vol.2 and others review