1 Juni 2017 - Dynasty Warriors 9 Open World System



Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan sistem baru yang diimplikasikan oleh KOEI ke serial DW terbaru, Dynasty Warriors 9 atau Shin Sangokumusou 8; yakni [Open World] - dimana kalian bisa mengeksplorasi Tiongkok lebih dalam lagi, dan menjalankan suatu battle tanpa terikat oleh story aslinya.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih jauh soal [Open World] seperti apa yang akan disajikan oleh KOEI.

Jumlah Kota

Dynasty Warriors 9 menyediakan total 10 kota yang bisa dieksplor oleh para pemain, dan setiap kota memiliki luas sekitar 1 kilometer persegi. Cukuplah luas, menurut saya. Mungkin, beberapa dari kalian bertanya-tanya 'mengapa hanya sepuluh kota saja?', namun, pahamilah bahwa Dynasty Warriors sendiri harus tetap menyajikan 1 vs 1000 yang menjadi ikon gameplay serialnya, dan kalian melawan entah berapa ratus lawan, didampingi entah berapa ratus kawan, bertempur bersama dalam satu kawasan yang cukup luas pula.

Dengan teknologi sekarang, mustahil bagi DW untuk membuat lebih dari sepuluh kota akibat sistem gameplay-nya saja sudah memakan terlalu banyak grafik. Namun, saya yakin di-instalmen selanjutnya, jika sistem ini terbukti sukses dan PS5 sudah hadir, maka DW10 bisa saja menambahkan lagi jumlah kotanya, dan memperluas area setiap kotanya.

Sebagai gantinya, KOEI meningkatkan kualitas grafik landscapenya untuk memanjakan mata dan hati bolang kalian.



Untuk saat ini, biarlah kita puas dulu dengan semua pencapaian KOEI saat ini.

Dan oh, hanya 10 kota?

Salah! Berdasar leak yang telah diberikan KOEI, desa-desa kecil, kamp tentara dan kota kecil pun turut hadir sebagai lokasi dalam dunia DW yang bisa kalian eksplor sesuka hati. Kalian pun bisa berbelanja equipment dan kebutuhan lainnya di sini, juga menerima quest sampingan.

Walau terjadi perangpun, kalian tetap bisa memasuki kota.

Kota unik?

Aka sepuluh kota besar yang telah ditetapkan KOEI. Sudah pasti, Luoyang termasuk. Dan kita bisa memperkirakan dengan mudah kota-kota yang akan dijadikan 'kota unik' oleh KOEI.
  • Xuchang - Ibukota Wei
  • Chang'an - Ibukota ke-2 Han setelah Dong Zhuo kalah di Luoyang
  • Chengdu - Ibukota Shu
  • Jianye - Ibukota Wu
  • Xiapi - Tempat Lu Bu dieksekusi oleh Cao Cao
  • Jiangling - Daerah kekuasaan Wu, ibukota provinsi Jing
  • Nanyang - Ibukota dari Provinsi Jing yang dikuasai Wei
  • Yanguo - Kota Provinsi Youzhou, basis kekuasaan Gongsun Zan
  • Xiliang - Daerah kekuasaan Ma Teng, ayah dari Ma Chao
  • Runan
Dan jika kota unik ini juga melibatkan yang lebih condong ke fortress maka kandidatnya adalah:
  • Dingjun
  • Ruxukou
  • Hefei



Kita hanya bisa berjalan atau menunggangi kuda di darat untuk traveling?

Tentu saja tidak!

Kalian pun bisa berenang (atau 'berenang') menyeberangi sungai-sungai seperti Sungai Kuning dan Yangtze, dan membutuhkan waktu kira-kira 5 menit untuk mencapai seberang. Ya, lumayan lah untuk menyegarkan tubuh saat musim panas. Tetapi, jauhilah saat musim dingin.

Dan memanjat tembok atau tebing ala spiderman nampaknya bukan mimpi mustahil bagi para pejuang Tiga Kerajaan kita lagi. (Kalian tetap membutuhkan grapple hook, kecuali kalian Guan Yu *bukan*).



Sudah lelah kan harus mengalahkan Lu Bu demi membuka gerbang Hulao? Langsung saja panjat tembok Luoyang dan bunuh Dong Zhuo!

Real-time?

Menurut kabar yang saya terima dari kwconquerors, sistem waktu juga cuacanya akan mengikuti apa yang sedang terjadi di Tiongkok sana (semisal Tiongkok sedang musim semi, maka di DW berlangsung pula musim semi). Jadi, tidak mengikuti real-time dari tempat kalian berada (tidak mengikuti Jakarta, Kanada, Amerika dst).

Dengan gameplay seperti ini, mungkinkah DW9 bisa hadir di PC?

Bagi saya, mungkin saja. Namun, untuk memainkan DW9, tentu kita perlu komputer/laptop dengan spek tinggi agar menghindari lag dan dc. Lagipula, jika sistem real-time DW9 seperti yang saya mention di atas, bukankah berarti DW9 membutuhkan koneksi internet agar dapat terus berganti waktu dan musim?

Dan sudah pasti, kemungkinan besar kita harus membeli game originalnya, tidak bisa bajakan lagi (jika DW9 benar-benar sistem online update).


Stay tuned!

Comments

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

Bungou Stray Dogs Wan! Vol.2 and others review