Bungo Stray Dogs News - 22 Juli 2018

Setelah lama tidak ada kabar menghebohkan dari Bungo Stray Dogs pasca rilisnya The Movie, BONES - BSD mengumumkan di twitter resmi mereka bahwa dengan suksesnya The Movie - Dead Apple, Season 3 akan dirils!

Penantian dua tahun kita telah berakhir.

Di hari yang sama pula, Kadokawa mengumumkan bahwa Light Novel limited edition untuk the Movie; BEAST dan Fifteen, akan dirilis oleh Kadokawa sebagai serial lengkap. Jadi, yang sebenarnya bonusan di bioskop Jepang kemarin itu tidak completed.

Lantas, apa yang bisa kita antisipasi dari Season 3 dan dua novel terbaru BSD ini?

(List berikut hanya berdasar pandangan subjektif, bukan sesuatu yang telah resmi diumumkan oleh Bones ataupun Kadokawa.

SPOILERS AHEAD!).




1.  [Season 3, Filler Episodes -> Cannibalism Arc]

Setelah Guild Arc, mengikuti arc di manga adalah Cannibalism Arc.

Singkat cerita: Fyodor memanipulasi Armed Detective Agency untuk melawan Port Mafia.

OVA yang menutup dua season BSD kemarin adalah sebuah episode yang memberikan hint kuat bahwa Kunikida bisa menjadi Presiden ADA selanjutnya, dan di arc ini, Fyodor mulai menghancurkan Kunikida sedikit demi sedikit karena ia memperkirakan hal ini.

Tetapi, sebelum arc Cannibalism, ada beberapa filler yang membatasi antar Guild Arc dengan selanjutnya; seperti ketika Atsushi diperkenalkan dengan Katai, seorang hacker ex-anggota agensi, atau Atsushi yang mulai 'menerima' si Ketua Panti Asuhannya.

Filler-filler ini juga untuk meringankan suasana pasca intensnya akhir The Guild Arc.


2. [Season 3, Light Novel 3]

Jika Bones memutuskan untuk melanjutkan 'tradisi' seasonal-nya, maka season 3 akan dibuka atau diselipkan dengan Light Novel 3 : Untold Stories of the Founding of Armed Detective Agency.

Image result for bungou stray dogs untold story


Sekedar ringkasan: LN3 menceritakan tentang masa lalu Fukuzawa Yukichi - sang Presiden Agensi dan Edogawa Ranpo - yang kelak menjadi detektif terhebat agensi ini, dan bagaimana terbentuknya Armed Detective Agency. Cerita ini kira-kira terjadi 12-13 tahun sebelum timeline sekarang.

Tentu, karakter seperti Dazai Osamu dkk takkan muncul (hanya sedikit di awal, kalau tidak salah ingat. Tetapi, tidak di cerita intinya).

Mengapa LN3 bisa masuk ke Season 3?

Selain karena 'tradisi' dari dua anime sebelumnya, jika Season 3 menggunakan Cannibalism Arc, dimana Fyodor mengadu domba Mafia vs ADA, maka akan sangat cocok LN3 masuk ke dalam season ini.

Dalam Cannibalism Arc, ADA mulai dijatuhkan sedikit demi sedikit oleh Fyodor. Dimulai dengan mengacaukan ideal Kunikida, lalu Fukuzawa yang tidak bisa berbuat apa-apa karena ia sekarat; dengan LN3 dianimasikan akan memberikan gambaran 'Apa yang telah dibangun oleh ADA selama ini akan dihancurkan'.

Hal itu bisa mengundang simpati para penonton dan pembaca, dan juga agar kalian bisa melihat mengapa setiap anggota ADA sangat setia pada Presiden dan agensi mereka.

Tetapi ya, siapa yang tahu kejutan apa yang akan diberikan Bones?

Ditunggulah rilisnya Season 3!



3. [Season 3, Fifteen???]

"Dazai Osamu, Nakahara Chuuya, Fifteen Years Old" atau yang biasa disebut "Fifteen" oleh fandom internasional merupakan novel yang awalnya dirilis khusus untuk pemutaran Dead Apple di bioskop Jepang.

Fifteen Sample Cover

Sinopsis: Fifteen menceritakan bagaimana awal era Mafia dipimpin oleh Mori; Dazai dan Chuuya yang berusia 15 tahun bertemu. Chuuya yang tidak tahu asal usulnya bergabung dengan sebuah kelompok kecil bernama "Sheep". Bersama dengan sang Mafia Eksekutif Termuda, keduanya 'bekerja sama' untuk menyelesaikan suatu misi, dimana misi ini berujung dengan sedikit pencerahan tentang masa lalu Chuuya sebelum ia berusia 8 tahun. ...Misteri apakah itu? Sebenarnya, siapa Nakahara Chuuya?

Fifteen (kembali) menjadi perbincangan hangat di kalangan fans BSD di Twitter setelah diumumkannya Season 3.

Bagaimana bisa dikatakan Fifteen kemungkinan bisa dimasukkan ke dalam season 3?

Soukoku, julukan untuk duetnya Dazai dan Chuuya, adalah duo yang paling terkenal. Baiklah, kalian tentu sudah tidak asing bahwa soukoku adalah OTP yang paling banyak penyukanya. Baik Dazai maupun Chuuya sama-sama memiliki banyak penggemar (mereka bahkan mendapat rilis nendo sebelum Nakajima Atsushi!), dan pasti banyak yang tidak sabar untuk mengetahui bagaimana kedua mahluk ini bisa bertemu dan menjadi rekan satu tim.

Secara marketing, Soukoku pasti akan sangat laku. Nendo Chuuya dan Dazai bahkan sampai dapat re-release dalam waktu singkat. Setiap kali ada merchandise, pasti Chuuya dan Dazai selalu habis duluan.

Maka, jika Season 3 mau memasukkan Fifteen, secara marketing mereka akan sukses. Anime dikatakan sukses kalau banyak penontonnya.

Tetapi, Cannibalism tidak terlalu menonjolkan jatuhnya Port Mafia. Oke, memang Mafia dan ADA sama-sama jatuh tetapi, seperti biasa, ADA jauh lebih ditonjolkan oleh Kafka Asagiri, sang penulis.

Jikapun Fifteen dimasukkan dalam season 3, apakah bisa menjelaskan dan nyambung dengan Cannibalism Arc? Entahlah, kita tunggu saja pengumuman resmi dari Igarashi Takuya!


4. [Season 3, ???]

Berbicara soal Fifteen, saya lebih suka dia menjadi OVA. Walau, satu episode takkan cukup untuk satu novel. LN1 butuh 2 episode, LN2 butuh 4 episode.

Dengan suksesnya Dead Apple, apakah season 3 akan lebih banyak lagi jumlah episodenya?

Lalu, bagaimana dengan kebiasaan Bones yang selalu menghilangkan fitur wajah kalau shootnya agak jauh? Apakah akan diganti dengan suksesnya Dead Apple yang telah meraup 500 juta Yen Jepang?


5. [Prediksi season rilis]

Prediksi saya adalah Spring 2019, karena saya yakin summer ini akan habis untuk merencanakan jalannya season 3. Terlebih, Cannibalism Arc itu sangatlah panjang (bahkan, di manga dilanjutkan dengan Cannibalism V2). Ya, arc ini bisa dikatakan 3x lebih panjang dari mafia (dari chapter 40+ sampai 65 dan masih berlanjut...).

Jikapun prediksi saya terlalu lambat, berarti paling cepat akhir tahun ini, Winter. Tetapi, tampaknya jika mereka hendak merilis di Winter, akan terlalu singkat persiapannya.


6. [More animation???]

Bones dan Kafka telah merilis Dead Apple. Ambitions dan Kafka telah merilis Dragon's Head Rush. 65 chapters, 2 season anime, 1 ova, 1 movie, 6 light novel, 1 gaiden (dan 1 manga gaiden), 3 anthology dan BSD Wan!; apakah salah satu dari LN yang ada akan kembali dianimasikan?

Image result for bungou stray dogs gaidenGaiden memiliki potensi setelah Tsujimura Mizuki, salah satu tokoh utamanya hadir di Dead Apple. Dan, Gaiden telah berhasil mendapatkan manga-nya sendiri yang digambar oleh mangaka Oyoyo (bukan Harukawa 35).

Novel Vol 4

55 Minutes juga, karena ia terjadi (kira-kira) setelah The Guild Arc. Dengan hadirnya karakter baru seperti H.G. Wells dan Jules Verne, serta ekspansi BSD dengan diperkenalkannya The Transcendental, 55 Minutes bisa dianimasikan.
















BEAST Sample CoverBEAST, White Akutagawa, Black Atsushi juga memiliki banyak potensi karena menceritakan dunia paralel dimana Atsushi masuk ke dalam Mafia dan Akutagawa masuk ke dalam ADA.

Spoiler: Ada Odasaku.













Jadi, sudah tidak sabar dengan hadirnya Season 3 (dan season 4)? Teruslah ikuti perkembangannya dan juga dukung selalu serial ini!

Kabar gembira: Yen Press telah mengumumkan akan menerjemahkan LN1 : Dazai Osamu's Entrance Exam ke Bahasa Inggris! Ditunggu rilisnya~ Membeli satu bukunya berarti telah mendukung Kafka Asagiri, sang penulis dari serial yang kita sukai ini!

Comments

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

Bungou Stray Dogs Wan! Vol.2 and others review