30 Mei 2017 - Dynasty Warriors 9 Current Known Features

Dynasty Warriors kembali merilis gambar-gambar teaser soal sistem barunya. Di posting sebelumnya, kita telah membahas sistem open world yang mengikuti real-time (kemungkinan besar), dan kini, kita akan bahas soal beberapa gameplay, juga grafiknya.



Kita tahu kalau game-game seperti Dynasty Warriors itu sudah terhitung berat, karena melawan entah berapa ratus orang dalam satu stage, didampingi pula entah berapa ratus kawan dalam satu peta yang cukup luas. Dan kini, DW9 hadir dengan sistem open world (10 kota, jarak masing-masing 1 kilometer), maka tidak mengherankan kalau grafik DW tidak bisa kita bandingkan dengan game-game seperti Skyrim ataupun Last of Us, bukankah begitu?

Dan nampaknya, karena sistem open world yang (seharusnya) membutuhkan spek tinggi, maka Koei berusaha menekan grafiknya agar gameplay tetap lancar.

Tampilan life-musou bar menjadi lebih simple, begitu pula dengan font tulisannya.


Sebagai gantinya, tampilan landscape dan bangunan bisa ditingkatkan (karena pasti para gamer lebih fokus pada grafik lingkungan). Dan tentu, berkat kemajuan teknologi, grafik tambahan seperti bayangan pun lebih realistis.

Maksud saya, lihatlah grafik lingkungan ini...




Wall-Climbing?

Sudah bosan kan naik tangga terus? Kini, KOEI memperkenalkan sebuah sistem baru.

Ya, panjat tembok itu dengan seutas tali (tetapi Guan Yu? Dewa Perang? Pakai tali? HAHAHA). Dan mungkin, setelah sampai di atas tembok Hulao, kalian bisa terjun bebas dengan golok seberat 42 kg ke tanah, menghantam seluruh lawan kalian (seperti yang biasa ditunjukkan oleh opening DW).








Guan Yu dan Xiahou Dun tampaknya sudah lelah berurusan dengan Lu Bu sehingga lebih memilih memanjat tembok Luo Yang dan langsung membunuh Dong Zhuo saja...

Karakter baru?

Sejauh ini, belum ada pengumuman, namun, DW selalu memberikan update melalui Famitsu, majalah game bulanan Jepang. Jadi, expectlah kabar mengenai karakter baru (atau karakter lama dengan design baru) kira-kira minggu depan!

DW sudah mengeluarkan 2 karakter baru yakni Cheng Pu (Wu) dan Zhou Cang (Shu). Berarti, masih ada kira-kira 6 orang yang bisa ditambahkan.

Secara pribadi saya memilih orang-orang ini sebagai kandidat yang pantas sebagai karakter baru DW (walau peran mereka mungkin tidaklah besar):


Cao Zhi (Wei)

Kenapa saya berani mengusulkan nama ini? Keluarga Cao Cao memang terkenal selain para turunannya berbakat, banyak dari mereka yang haus kekuasaan. Cao Pi adalah salah satu yang paling ambisius.

Banyak rumor beredar bahwa Cao Pi-lah yang telah membunuh Cao Chong, putra bungsu favorit Cao Cao. Merasa Chong bisa menjadi ancaman warisan takhta-nya Pi tidak ragu untuk membunuh sang adik bungsu.

Cao Zhi pun berakhir sama. Ia memiliki ambisi yang kira-kira sama dengan sang kakak, ingin mewarisi apapun yang sudah dicapai oleh sang Ayah. Akhirnya, Cao Pi berusaha menggunakan taktik apapun untuk melengserkan Zhi, salah satu caranya adalah "bilamana Zhi tidak berhasil membuat puisi dalam 7 langkah, maka ia harus mati". Dan Zhi tampaknya dilindungi oleh Langit pada saat itu, karena ia berhasil membuat puisi yang dinamai "Puisi 7 Langkah" tersebut, isinya tentu menyindir Pi.

Jadi, Zhi bisa tampil sebagai playable character (walau hanya 1 atau 2 stage saja) agar bisa menceritakan ambisi Cao Pi yang menyebabkan perang saudara dingin antara sang Kaisar pertama Wei dengan saudara-saudaranya.

Possible weapon? Saya membayangkan ia seperti Sai dari serial Naruto. Kurang lebih begitu kemampuanya tetapi, bukan menggambar, melainkan menulis.




Zhang Zhao (Wu)

Siapa yang tidak kenal Zhang Zhao? Ia adalah salah seorang Menteri Wu yang pernah beradu debat dengan Zhuge Liang sebelum Liang bertemu Sun Quan. Zhang Zhao yakin bahwa Zhuge Liang hanya ingin membujuk Wu ke kejatuhan mereka, dan ia beserta rekan-rekan sesama menterinya berusaha menjatuhkan Zhuge Liang.

Tetapi siapa mereka? Berani menandingi diri dengan sang Naga Tidur? Zhao dan rekannya mengalami kekalahan telak dan terpaksa bungkam sepanjang rapat berjalan. Jika KOEI berminat untuk menambahkan stage tepat sebelum Chibi (misal perang kecil2an untuk mengukur kekuatan Wei), Zhao bisa menjadi karakter yang tepat untuk stage tersebut.

Possible weapon? Dia lebih ke magic, saran weapon adalah kayu perintah yang biasa dipegang oleh para Menteri.



Yan Yan (Shu)
Kalau kalian bilang Huang Zhong adalah satu-satunya kakek yang lupa usia, saya perkenalkan kalian dengan Yan Yan. Baik Huang dan Yan, keduanya terkenal sebagai sosok pemanah dan petarung tua yang hebat. Yan pernah melawan Zhang Fei sewaktu ia bekerja pada Liu Zhang dulu, dan hingga puluhan juruspun, Yan Yan masih sanggup menandingi Zhang Fei. Ketika pertempuran dengan Liu Zhang telah usai dan Liu Bei keluar sebagai pemenang, Yan Yan tergerak oleh ambisi juga kebaikan Liu Bei memutuskan untuk mengabdi padanya.

Pertarungannya yang paling terkenal adalah Invasi terhadap Liu Zhang (di pihak Liu Zhang) dan Pertempuran Gunung Dingjun (di pihak Shu, bersama Huang Zhong).

Golok. Atau tombak berkepala golok (pike) tetapi beberapa serangannya melibatkan bow dan arrows.



Lei Bin (Unknown, kemungkinan bisa masuk Shu atau Others)

Apakah kalian tahu game DW yang berjudul Dynasty Warriors: Godseekers? Game ini adalah semacam spin-off dari serial DW, sama sekali tidak ada hubungan dengan cerita Three Kingdoms asli. Plotnya menceritakan tentang Lei dan Zhao yang bertemu dengan seorang spirit bernama Li Xia (karakter original KOEI lagi).

Lei Bin adalah karakter original KOEI untuk seri ini, dan ia adalah kawan kecil Zhao Yun dari desa yang sama.

Ia ditunjukkan sebagai seseorang yang haus akan pengetahuan, khususnya pada hal berbau legenda tua.  Walau dia adalah karakter original DW, tetapi bisa saja ia muncul di serial DW9, bukan?

Oh ayolah, saya tahu kalian senang dengan pria muda yang tampan dan ber-megane, dan ada leak yang mengatakan design dia dipengaruhi oleh 707 dari Mystic Messenger... Ia juga orang yang pintar. Pintar dan tampan, juga ber-megane dan bersemangat tinggi, siapa yang tidak menyukai kehadiran Lei Bin di serial DW yang sebenarnya?



Possible weapon? Secara canon, Lei telah diberi Bowgun, dan kita sudah punya lady bowgun (aka Lian Shi) di DW. Jadi, mungkin Lei bisa diberi senjata modern seperti revolver atau pistol semacam itu, dengan design imperial China?

---------------

Untuk karakter wanita, saya belum berani mengucap satupun pendapat. Tetapi, apakah menurut kalian Ma Yunlu (dirumorkan sebagai istri dari Zhao Yun dan adiknya Ma Chao) dan Guo Nuwang (istri ke-2 Cao Pi, orang yang berhasil membunuh Zhen Ji) bisa menjadi karakter wanita yang pantas muncul di DW9? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar!


Stay tuned!

Comments

Popular posts from this blog

Top 10 Kemampuan Khusus Paling Berguna di Bungo Stray Dogs.

How to Start Bungo Stray Dogs - Part 1

Bungou Stray Dogs Wan! Vol.2 and others review